Analisis Perilaku Konsumen Wisatawan Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pariwisata di Nusa Tenggara Barat)

Penulis

  • Wiwik Suprihatin Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat

Kata Kunci:

Perilaku Konsumen, Wisatawan, Covid-19, Nusa Tenggara Barat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen wisatawan di era pandemi Covid-19, dengan mengambil kasus pariwisata Nusa Tenggara Barat, sebagai salah satu dari sepuluh destinasi wisata prioritas Indonesia. Kekhawatiran akan terpapar dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar, membuat wisatawan baik domestik maupun mancanegara membatalkan perjalanannya. Keterpurukan ekonomi ditengah ancaman penyebaran pandemi yang belum diketahui kapan akan berakhirnya ini, menjadi tantangan bagi masyarakat untuk meyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Kini, kegiatan ekonomi kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah dan mengendalikan penyebaran virus. Mengembalikan lagi kepercayaan wisatawan sangat dibutuhkan, ditengah kecemasan dan kebutuhan untuk berwisata. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisa perilaku konsumen, mengidentifikasi perilaku yang dapat merubah industri pariwisata mengerti akan kebutuhannya. Proses pencatatan atas pola perilaku wisatawan sebagai konsumen dalam masa pandemi Covid-19 dilakukan dengan menggunakan analisa konten yang bersumber dari beberapa dokumen yang relevan. Melalui analisa perilaku konsumen wisatawan di era pandemi Covid-19, diperoleh hasil bahwa dengan memiliki pemahaman dan kepekaan yang baik terhadap motivasi konsumen wisatawan, akan memudahkan produsen untuk mengidentifikasikan kebutuhan wisatawan yang ditunjukkan dengan keputusan pembelian sebagai cerminan perilaku konsumen.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-08-24